Workshop Kemitraan Program Triple Eliminasi oleh Sokoguru

Yang bertujuan untuk

  1. Mensosialisasikan Kebijakan Triple eliminasi
  2. Mengidentifikasi peluang dan tantangan dalam akselerasi pelaksanaan program triple eliminasi
  3. Meningkatkan  jejaring  kerja  dan  kemitraan, serta  kerja  sama  lintas  program dan lintas sektor; dan  meningkatkan peran serta masyarakat.
  4. Mengembangkan dan menyepakati rencana aksi untuk pelaksanaan program triple eliminasi dan mendapatkan dukungan bersama demi kualitas implementasi program
  5. Menandatangani komitmen bersama untuk akselerasi pelaksanaan program dan integrasi triple eliminasi dalam paket pelayanan antenatal care (ANC) terpadu

Kegiatan dilakukan selama 2 hari melalui prinsip kemitraan, dan hari pertama diawali dengan panel presentasi dari dinkes, bidang P2P dan Kesmas untuk sosialisasi kebijakan triple eliminasi dan prosedur tatalaksana ANC dan Deteksi dini HIV, Sifilis dan Hepatitis B, termasuk pengobatannya, kemudian penandatanganan komitmen bersama.

Hari kedua, yayasan sokoguru menyampaikan tentang kegiatan kegiatan program triple eliminasi, kemudian diskusi tentang analisis bottle neck dan solusi, serta sharing pengalaman puskesmas tentang layanan deteksi dini dan pengobatan eliminasi HIV, Sifilis dan Hepatitis B yang sudah dilakukan. Kemudian terakhir dilanjutkan dengan diskusi RTL.

Kegiatan Workshop Kemitraan Program Triple Eliminasi oleh Sokoguru

Perlu kami sampaikan bahwa kegiatan ini dijalankan dengan  prinsip partisipatif sehingga seluruh peserta merasa memiliki program ini, sebagai mandate dari pemerintah.

Dinkes, KPA dan Sokoguru juga menyampaikan tentang landasan kebijakan salah satunya adalah oen ekanan pada SPM (standart Pelayanan Minimum)

Hasil

Output yang nyata dalam kegiatan ini adalah: Ditandatanganinya Komitmen tertulis oleh seluruh stakeholders dan 26 Puskesmas untuk mendukung kegiatan ini.

Dampak

Dampak dari kegiatan workshop ini adalah terlihat bahwa seluruh stakeholder dan puskesmas merasa bahwa ini adalah kegiatan penting dan peserta mendapatkan gambaran solusi serta langkah kongkrit dalam pelasakanaan program triple eliminasi.

Puskesmas mengusulakn nana nama kader ununtuk dilatih yang kemudian akan bertugas untuk melakukan edukasi dan merujuk ibu hamil serta komitmen untuk memastikan dalam setiap pemeriksaan ANC terintegrasi dengan deteksi dini HIV, Sifilis dan hepatitis B

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *