yayasan kemitraan indonesia sehat

Di masa sekarang, pengobatan HIV telah berkembang menjadi lebih baik jika dibandingkan dengan dua dekade lalu. Pandangan bahwa HIV positif merupakan vonis mati sudahlah tidak berlaku. Kini, orang-orang dengan HIV bisa hidup normal meski terdapat virus HIV di dalam tubuh mereka. HIV tidak lagi mencegah masyarakat untuk tetap hidup sehat. Dengan pola hidup yang sehat, orang-orang dengan HIV dapat memiliki harapan hidup selama orang-orang HIV negatif. Meski begitu,  Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS mengatakan bahwa terkadang orang dengan HIV mengalami beberapa masalah yang bisa berdampak pada nutrisi mereka seperti; perubahan metabolisme tubuh, obat-obatan yang mengganggu nafsu makan, infeksi oportunistik yang dapat mengganggu pola makan, dan makanan yang dapat memengaruhi pengobatan HIV. Maka dari itu, selayaknya orang HIV negatif, orang-orang dengan HIV harus menjaga pola hidup agar tetap bisa sehat-bugar.

Mengonsumsi ARV secara teratur merupakan langkah awal ODHIV agar tetap sehat

Mengonsumsi ARV secara teratur merupakan langkah awal bagi orang-orang dengan HIV untuk menerapkan pola hidup sehat. Meski ARV tidak menghilangkan virus HIV di dalam tubuh, namun ARV mampu menjaga sistem kekebalan tubuh ODHIV. Efek samping ARV sama sekali tidak akan mengurangi kualitas hidup ODHIV. Oleh karena itu, kunci utama ODHIV agar bisa tetap sehat adalah mengonsumsi ARV secara teratur sesuai dengan anjuran dokter yang mana adalah setiap hari dan pada waktu yang sama. Tidak mengonsumsi ARV secara teratur dapat mengurangi efektivitas ARV dalam melawan virus HIV dalam tubuh. 

Makan makanan sehat

Sama seperti ada orang pada umumnya, ODHIV disarankan untuk selalu mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang. Dengan pola makan yang seimbang, maka sistem kekebalan tubuh akan semakin kuat untuk melawan virus dan bakteri. Sistem kekebalan tubuh yang kuat mampu memerangi virus HIV dalam tubuh sehingga mempercepat status undetectable

Selain itu, orang-orang dengan HIV disarankan untuk memerhatikan food safety karena kontaminasi bakteri maupun virus pada makanan akan berdampak lebih besar dan lebih lama pada orang dengan HIV daripada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Oleh karena itu, orang-orang dengan HIV disarankan untuk tidak memakan makanan mentah, dan selalu memperhatikan kebersihan makanan. 

Olahraga secara teratur

Aktif berolahraga terbukti memberikan banyak manfaat positif. Olahraga dapat membentuk otot, menjaga tulang tetap kuat, dan mencegah penumpukan lemak dalam tubuh. Olahraga juga sangat disarankan bagi orang-orang dengan HIV yang telah kehilangan masa otot. Olahraga juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Hindari narkotika dan penggunaan alkohol berlebihan

Alkohol dan obat-obatan terlarang harus diperhatikan bagi setiap ODHIV karena bisa berdampak pada pengobatan ARV yang sedang dilakukan. Konsumsi alkohol yang berlebihan mampu merusak hati yang berfungsi untuk memproses obat anti-HIV. Oleh karena itu, ODHIV sangat disarankan untuk menjaga kesehatan hati dengan mengurangi dan membatasi konsumsi alkohol. Selain itu, alkohol juga mampu melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga membuat tubuh sulit untuk pulih dari infeksi HIV. Penyalahgunaan obat-obatan sangat tidak disarankan bagi ODHIV karena beberapa kandungan narkotika bisa saling bertabrakan dengan kandungan yang ada pada ARV sehingga mungkin akan memunculkan efek samping berat.

Tetap bahagia dengan menghindari stres

Menjaga kesehatan mental sama baiknya dengan menjaga kesehatan fisik karena kondisi kesehatan mental akan berpengaruh juga pada kesehatan fisik. Maka dari itu, sangat dianjurkan bagi ODHIV untuk menjaga kesehatan mental dan emosional. Selalu bahagia sangatlah penting, meski mengidap HIV terkadang terasa berat, namun perlu diingat bahwa cobaan berat bukan berarti cobaan tersebut tidak bisa dilalui.